TEKNISI MITSUBISHI INDONESIA MERAIH GELAR BEST MECHANIC DI JEPANG

TEKNISI MITSUBISHI INDONESIA MERAIH GELAR BEST MECHANIC DI JEPANG

Prestasi Mitsubishi Motors di Indonesia tidak hanya meraih penjualan tertinggi secara global, tapi juga memiliki sumber daya manusia (SDM) yang terampil. Hal ini dibuktikan pada ajang Mitsubishi Motors Global Service Skills Contest 2019 di Tokyo, Jepang. Perwakilan dari PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI), yaitu Harianto yang mendapatkan gelar “Best Mechanic” dalam ajang yang digelar pada 13-14 February 2019. 

Harianto merupakan perwakilan teknisi mekanik MMKSI yang bekerja di salah satu diler resmi kendaraan penumpang dan niaga ringan Mitsubishi Motors, PT Srikandi Diamond Indah Motors – Mojokerto, dan sudah menjadi mekanik Mitsubishi Motors selama 13 tahun. Pengalaman dan skill yang dimiliki Harianto mengantarkannya membawa gelar tersebut dan hadiah senilai 100.000 yen. Sedangkan posisi kedua dan ketiga ditempati oleh mekanik dari Thailand dan Belanda.

Global Service Skills Contest kategori Service Tehcnician dilaksanakan selama dua hari dan diikuti oleh 23 distributor Mitsubishi Motors dari 23 negara di dunia. Sebelumnya kompetisi terakhir dilaksanakan pada tahun 2016 dan diikuti oleh 26 kontestan dari 26 negara. Tahun ini terdapat 23 peserta dari 23 negara yang berkompetisi untuk mendapatkan gelar teknisi terbaik Mitsubishi Motors di dunia.

Tidak hanya untuk mekanik saja, pada Global Service Skills Contest juga terdapat kompetisi untuk kategori sales advisor. Di mana 14 sales advisor dari 14 negara distributor Mitsubishi Motors berkompetisi dalam 3 poin penilaian yaitu preparation form, tes tertulis, dan role-play “Reception Step”. 

Pada kategori ini, Mitsubishi Motors Indonesia juga mengirimkan perwakilanya yaitu Mohammad Helmy Dwi Kurniawan. Dengan turut sertanya tenaga kerja Mitsubishi Motors Indonesia dalam kompetisi Global Servie Skills Contest, menjadi salah satu ajang yang memberikan kesempatan kepada tenaga sales advisor dan mekanik MMKSI untuk menunjukkan kualitas dan professionalitas layanan yang Mitsubishi Motors tawarkan kepada konsumen di Indonesia.

“Kepuasan pelanggan merupakan salah satu fokus utama kami, yang tidak terbatas pada produk berkualitas, namun termasuk layanan purna jual yang prima. Kualtias layanan perbaikan kendaraan menjadi hal yang sangat penting, dengan kualitas tenaga mekanik yang handal, maka dapat meningkatkan kepuasan pelanggan setia Mitsubishi Motors. Hal ini dibuktikan dengan diraihnya gelar Mekanik terbaik pada Global Service Skills Contest 2019, ini memotivasi kami untuk terus meningkatkan kualiatas layanan dan tentunya menyediakan tenaga mekanik handal untuk memberikan layanan terbaik kepada pelanggan Mitsubishi Motors,” ujar Irwan Kuncoro, Director Sales & Marketing Division PT MMKSI.

Global Service Skills Contest untuk service technician terbagi menjadi dua sesi kompetisi yaitu practical performance dan writing examination. Pada sesi practical performance peserta harus menyelesaikan 3 tantangan dalam waktu kurang dari 30 menit. Tantangan pertama ialah mesin yang tidak bisa menyala. Sebagai kondisi awal, peserta diinformasikan bahwa baterai, compression, CAN-BUS line dan system ignition dalam keadaan baik. Hal ini akan membantu peserta untuk menemukan akar permasalahan pada mesin. 

Tantangan kedua adalah melakukan coding method. Setiap penggantian ECU, perlu dilakukan prosedur tertentu untuk membuat ECU sesuai dengan mesin. Salah satu prosedurnya dinamakan “Coding” yang merupakan metode yang sangat sulit. Maka dari itu prosedur ini menjadi salah satu tantangan lomba sebagai salah satu cara untuk memperlihatkan prosedur yang tepat.

Tantangan ketiga ialah customization method. Kebanyakan pelanggan tidak tahu bahwa kendaraan mereka dapat dikustomisasi sesuai dengan keinginan mereka. Tantangan ini merupakan salah satu cara untuk menyampaikan bahwa mekanik dapat menawarkan pilihan kustomisasi yang dapat dipilih oleh konsumen dan memberikan kepuasan bagi pelanggan.

Setelah melalui tiga tantangan tersebut, mekanik perwakilan MMKSI berhasil mengungguli 22 peserta lainnya dari 22 negara distributor Mitsubishi Motors di dunia. Presetasi ini membuktikan tenaga mekanik Mitsubishi Motors di Indonesia memiliki kemampuan dan pengetahuan yang unggul.

Mitsubishi Motors di Indonesia tidak hanya memiliki tenaga mekanik yang unggul tetapi juga memiliki layanan kepuasan pelanggan yang prima terbukti dengan diraihnya gelar Customer Service Index (CSI) No. 1 berdasarkan study yang dilakukan oleh J.D. Power Asia Pasifik pada tahun 2018.

MENGENAL SEPULUH MODEL MITSUBISHI LANCER EVOLUTION YANG MELEGENDA (PART 1)

MENGENAL SEPULUH MODEL MITSUBISHI LANCER EVOLUTION YANG MELEGENDA (PART 1)

Siapa yang tak kenal Mitsubishi Lancer? Mitsubishi Lancer adalah salah satu kendaraan unggulan Mitsubishi Motors sejak tahun 1970-an silam dan dikenal sebagai mobil sedan legendaris. Mobi...

Read More

SUV PLUG-IN HYBRID PERTAMA MITSUBISHI OUTLANDER PHEV TERJUAL 200 RIBU UNIT

SUV PLUG-IN HYBRID PERTAMA MITSUBISHI OUTLANDER PHEV TERJUAL 200 RIBU UNIT

SUV plug-in hybrid pertama di dunia dari Mitsubishi Motors, Outlander PHEV, telah mendapat pengakuan dari konsumen di seluruh dunia. Sejak pertama diluncurkan oleh Mitsubishi Motors Corpo...

Read More

MITSUBISHI XPANDER MASIH PERKASA SAMPAI MARET, BERAPA BANYAK TERJUAL?

MITSUBISHI XPANDER MASIH PERKASA SAMPAI MARET, BERAPA BANYAK TERJUAL?

Mitsubishi Xpander masih menjadi kontributor terbesar penjualan PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (PT MMKSI) sepanjang kwartal pertama tahun 2019.

Berdasarkan data retail s...

Read More

Newsletter

Dapatkan update terbaru mengenai informasi produk dan promosi langsung di email anda.

KEMUDAHAN AKSES PRODUK DAN LAYANAN MITSUBISHI MOTORS & MITSUBISHI FUSO DALAM GENGGAMAN ANDA

Logo Sardana Mobile App

SARDANA MOBILE

Logo My Mitsubishi App

MY MITSUBISHI MOTORS ID

Logo My Mitsubishi App

RUNNER TELEMATICS

© 2019 Sardana IndahBerlian Motor. All right reserved