HIROSHI MASUOKA: SAYA INGIN MEMBUAT MOBIL YANG DICINTAI OLEH ORANG DI SELURUH DUNIA

HIROSHI MASUOKA: SAYA INGIN MEMBUAT MOBIL YANG DICINTAI OLEH ORANG DI SELURUH DUNIA

Bagi pecinta ajang balap reli terutama Reli Dakar atau yang dulunya dikenal dengan nama Reli Paris Dakar mungkin tidak asing dengan nama Hiroshi Masuoka. Ya, pria asal Jepang ini merupakan salah satu legenda di ajang Reli Dakar. Pria kelahiran 13 Maret 1960 ini aktif di reli Dakar dari tahun 1987 hingga pensiun di 2009.

“Sepertinya menjadi pembalap adalah cara hidup saya. Saya telah menyukai dunia reli dan ingin menjadi pembalap reli sejak saya kecil. Sebelum bergabung dengan tim Mitsubishi pada tahun 1984, saya sering berpartisipasi dalam reli amatir,” ungkap Masuoka. 

Masuoka menjadi legenda di reli Dakar berkat kiprahnya yang berhasil menjadi juara dua kali secara berturut-turut, yaitu di tahun 2002 dan 2003 menggunakan Mitsubishi Pajero. Tercatat tidak banyak pereli Dakar yang bisa meraih gelar dua kali berturut-turut seperti Masuoka. 

“Hanya setelah bergabung dengan Mitsubishi Motors, saya belajar menjadi pembalap profesional, dan berpartisipasi dalam 21 demonstrasi Paris-Dakar, dari tahun 1987 hingga 2009. Pada tahun 2002 dan 2003, saya menempati posisi pertama selama dua tahun berturut-turut. Saya pikir itu adalah salah satu pencapaian tertinggi,” tambah pria yang ramah senyum ini.

Sekarang Masuoka-san sudah tak lagi aktif dalam dunia balap, namun Ia masih aktif di Mitsubishi Motors Corporation (MMC) sebagai test driver dan menjabat sebagai Senior Expert of Public Relation MMC.  Selain itu, pria yang bermukim di Saitama ini juga terlibat dalam urusan membangun beberapa model kendaraan Mitsubishi, seperti Pajero Sport dan juga New Triton. 

“Reli Paris Dakar adalah balap reli yang paling menantang dan tersulit di dunia motorsport. Mitsubishi sudah berpartisipasi selama 25 tahun di ajang itu,” ujar Masuoka lagi. 

Ia menambahkan jika selama puluhan tahun itu berkompetisi di ajang balap tersulit membuat Mitsubishi mampu menciptakan kendaraan yang tangguh dan andal. Sehingga Mitsubishi bisa mempersembahkan mobil yang tangguh ini untuk konsumen Mitsubishi. 

“Saya berharap banyak orang di dunia dapat merasakan Mitsubishi, dan menyukai mobil Mitsubishi. Saya ingin membuat mobil yang dicintai oleh orang-orang di seluruh dunia,” tegas Masuoka. 

Selama 21 kali Masuoka berpartisipasi dalam reli Paris-Dakar, ia menceritakan begitu banyak pengalaman dan kisah fenomenal yang tak terhitung jumlahnya yang ia alami. Di mana semuanya berbeda setiap tahun.

“Salah satu yang akan selalu saya ingat adalah pentingnya kesiapan fisik dan mental ketika berpartisipasi dalam acara tersebut. Jalur Paris-Dakar sangat tidak mudah, terutama jika kita harus mengendarai mobil berkecepatan tinggi sepanjang 10.000 kilometer. Jarak harus diselesaikan dalam waktu dua minggu, yang setiap hari saya harus tancap gas sepanjang 700 kilometer, atau sekitar 6-7 jam per hari. Setelah itu, saya dan mobil saya harus istirahat,” ucapnya bersemangat.

Ia juga menambahkan jika kondisi fisik harus kuat, karena tidak ada pendingin ruangan (AC) di mobil. Saat siang hari, suhu di dalam kabin sangat ekstrem, bisa mencapai 50 derajat Celcius. “Ketika tubuh Anda lemah, tentu saja kita bisa runtuh dengan mudah.”

Di usianya yang kini hampir 60 tahun, Masuoka masih aktif di segala event Mitsubishi di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia yang memperlihatkan aksinya melibas medan tanah dengan mobil Mitsubishi seperti Pajero Sport dan juga Triton. Masuoka mengatakan jika rahasianya hanyalah menjaga kesehatan baik fisik maupun mental.

“Sampai sekarang, saya masih menjaga kesehatan saya, baik secara fisik maupun mental, mengingat saya berpartisipasi dalam banyak acara Mitsubishi di seluruh dunia sebagai pengemudi. Saya sangat suka mengendarai mobil Mitsubishi. Saya pikir semangat semacam ini dapat membuat saya tetap sehat,” jelasnya.

Masuoka juga menceritakan betapa bahagia dirinya memiliki begitu banyak kenangan indah tentang kehidupan karier saya. “Saya benar-benar menikmati berada di belakang kemudi, menginjak pedal gas, bermanuver dengan transmisi, dan tiba di garis finish dengan prestasi baru.”

“Saya juga senang bisa bepergian ke banyak tempat, banyak negara, dan bertemu orang baru setiap saat. Saya pikir itu adalah salah satu hal yang dapat membuat saya tetap berjiwa muda,” imbuh pria yang menyukai durian ini. 

Setiap kali Masuoka datang ke sebuah acara dengan konsumen Mitsubishi, dirinya selalu ingin menyampaikan kebahagiaan berkendara ke semua konsumen Mitsubishi sebanyak mungkin. “Setiap kali saya mengadakan acara test drive dengan pelanggan, saya selalu berada dalam pikiran positif ini. Semua pelanggan Mitsubishi dapat menikmati berkendara dan merasakan kesenangan saat berkendara. Saya ingin membuat mobil seperti itu.”

Di usianya yang sudah tidak muda lagi, Masuoka masih ingin menikmati kariernya bersama Mitsubishi Motors Corporation. Tapi ia juga tidak menyangkal jika suatu saat harus pensiun dan menikmati hari tua berkumpul bersama keluarga. 

“Sampai sekarang saya masih sangat menikmati karier saya. Tentu saja, saya mengerti bahwa semua manusia akan memiliki batasan suatu hari nanti, tetapi saya akan melewati sampai menjadi 70 tahun. Setelah berumur 70 tahun, saya akan dengan bebas menikmati hari tua saya,” tutupnya tersenyum bahagia.

SINERGI MITSUBISHI MOTORS DAN PT PLN (PERSERO) SEDIAKAN FASILITAS HOME CHARGING MOBIL LISTRIK

SINERGI MITSUBISHI MOTORS DAN PT PLN (PERSERO) SEDIAKAN FASILITAS HOME CHARGING MOBIL LISTRIK

Mitsubishi Motors kembali menunjukkan keseriusannya dalam hal peralihan era mobilitas yang lebih ramah lingkungan di Indonesia. Setelah meresmikan solar panel di Sumba Daya Barat Bersama Kyodenco. ...

Read More

KENALI BAHAYA BLIND SPOT SAAT BERKENDARA

KENALI BAHAYA BLIND SPOT SAAT BERKENDARA

Sebagai pengendara mobil, tentunya Anda pernah mendengar istilah Blind Spot bukan? Nah, sebenarnya apa itu yang dimaksud dengan Blind Spot, yaitu area yang berada di luar jangkauan pengem...

Read More

YUK KENALI LIMA JENIS SIM YANG BEREDAR DI INDONESIA, APA SAJA?

YUK KENALI LIMA JENIS SIM YANG BEREDAR DI INDONESIA, APA SAJA?

Salah satu syarat untuk dianggap layak dalam mengendarai kendaraan bermotor di Indonesia yakni dengan memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM). SIM memiliki beberapa fungsi dan peruntukannya, yang kadan...

Read More

Newsletter

Dapatkan update terbaru mengenai informasi produk dan promosi langsung di email anda.

KEMUDAHAN AKSES PRODUK DAN LAYANAN MITSUBISHI MOTORS & MITSUBISHI FUSO DALAM GENGGAMAN ANDA

Logo Sardana Mobile App

SARDANA MOBILE

Logo My Mitsubishi App

MY MITSUBISHI MOTORS ID

Logo My Mitsubishi App

RUNNER TELEMATICS

© 2019 Sardana IndahBerlian Motor. All rights reserved